titut's Blog

Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa :)

Posted on: 25 September 2011

Januari 2011

 

Mau sharing pengalaman nih….

Tentang perjuanganku bisa sampe di BNI..

 

Di suatu sore yang mendung….

Henponku tiba2 berdering… (halah)

Telpon dari BNI ini cukup mengagetkan…

Jam 5 sore baru ditelpon…

Dan harus tes besok pagi jam 8 !!!

Si mbak mbak di sebrang sana bilangnya dari BNI Sidoarjo…

Padahal aku ga pernah tuh masukin lamaran di BNI Sidoarjo…

Aku udah sempet mikir ini jobfair unair yg kemaren…

Tapi aku telpon Yuke dan Jenk Sri, mereka ga kepanggil tuh…

Tapi abis gitu tiba2 si Dewi (Temen Trimurti yang ketemu di tes Mandiri) SMS aku… dia nanyain aku dipanggil BNI apa nggak…

Ternyata dia juga dipanggil padahal ga pernah ngerasa masukin lamaran di BNI Tanjung Perak…

 

Tes awalnya katanya cuma interview….

Tapi ternyata disuruh ngisi form yang ada pertanyaan2nya gitu….

Susaaaahhh…..

Aku ga tau sama sekali tentang Perbankan….

Abis gitu panitianya tiba2 ngeluarin Detecto Scale (alat ukur tinggi&berat badan).

Jedeeeerrrrr….. Mampussss….. beratku pasti lagi naik2nya nih….

Secara kelamaan nganggur di rumah….

Tinggi badan juga pas-pasan…

Tapi alhamdulillah setelah diukur ternyata masih masuk proporsional lah…

163/54.

 

Aku kira pesertanya dikit….

Ternyata banyaaaaakkkkkkk…..

Dan ini bukan hanya 1 hari ini aja kloternya….

Tapi hari2 sebelumnya sudah ada….

Mateeeekkkk….

 

Ternyata ini tuh dikumpulin dari jobfair2….

Jobfair Perbanas, jobfair unair, jobfair Unibraw…

Di interview sama kantor cabang sesuai KTPnya…

Padahal waktu jobfair kemaren tu aku masukin lamaran ini juga aras2en…

Jobfairnya udah mau tutup, trus standnya BNI yang paling terakhir, di pojokan deket pintu keluar…

Apalagi ngeliat ibu2 yang jaga stand kok kayaknya serem gitu… jahat keliatannya…

Berkasnya peserta diperiksa detail banget, kalo ada yang ga sesuai ketentuan, dilempar gitu aja, ga mau diterima…

Agak males juga,,, tapi gapapa deh, akhirnya aku masukin aja…

 

Lanjut lagi….

 

Interviewnya ini ngantrinya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget…..

Sampe ada mbak2 yang ngambek gara2 kelamaan…

Akhirnya dia pulang….

Ngliat mbak2 yang laen juga udah pada kusut mukanya, keringetan, lipstiknya ilang, begitu juga dengan aku…

 

Akhirnya aku dipanggil juga sekitar jam 12an lebih…

Padahal udah dari jam setengah 8 ngantrinya…

Interview awal BNI ini cukup mengesankan….

Soalnya interviewernya rese….

Namanya tuh pak Herry…

Jadi pas aku masuk ke ruangannya itu, aku dicuekin…

Dianya sibuk BBan…

Akunya diem aja nungguin dia selese BBan….

Eh abis itu dianya nanya: “ada perlu apa ya mbak?”

Dueeeeeenggggggggg…….. kecele’ abis2an….

Dengan wajah polos aku jawab aja “mau interview pak”

Masa iya aku kesitu mau periksa gigi??? Mau diramal??? Atau mau ngelamar anaknya bapaknya???

Abis gitu bapaknya cuma jawab “ooohhh…..” , trus lanjut BBan lagi…

 

Sumpah yaaaaa….. kesellll banget digituin….

Trus aku diinterview lumayan lama….

Sempet dibuat nangis juga….

Gara2 ditanyain hal tersedih yang pernah kamu alami…

Aku langsung nyeritain waktu ibu kritis di rumah sakit saat saat aku mau wisuda…

Kan sedih….. jadinya nangis bombay deh…

 

Trus disuruh meragain jadi teller…

Eh sumpah ya,, aku tuh ga pernah nabung…

Pernah buka rekening 2x, itu pun karna mau nerima beasiswa…

Setelah uangnya abis… goodbye deh rekening…

Paling2 kalo ke bank cuma kalo mau bayar spp doank…

Alhasil dengan pengalamanku ke Bank yg minim sekali itu, aku peragain gimana jadi teller…

Yang penting SMILE!!! :)

 

Dan yang paling bikin aku hopeless lagi…..

Aku melakukan satu kesalahan besarrrrr…

Jadi bapaknya bilang gini:

“Mbak, secara penampilan Anda sudah siap kerja, tapi tolong ya attitudenya!!! Anda kalo salaman sama lawan jenis gimana?? Ga bisa ya?? Kok tadi ga salaman??”

Mampuuuussssss……..

Gara2 bapaknya juga sih rese… dateng2 aku dicuekin… udah gitu langsung ngajak ngobrol.. ya aku kan lupa salaman….

Aku cuma bisa senyum2 aja… “Iya pak, maaf….”

 

Sungguh kecil harapan buat lolos tes ini….

Pulang dari tes ini aku rasanya mangkeeeeellll banget…..

Sampe2 aku lupa kalo mau dijemput…

Aku ngeloyor gitu aja naek angkot sambil ngedumel…

Yah….mungkin jiwaku sudah melekat di angkot2 ini… ga bisa lepas dari angkot…

Jadinya reflek aja gitu begitu ngeliat angkot bawaannya pengen langsung nyetop aja….

Pas sampe setengah perjalanan, baru nyadar “Oh iya ya…aku kan tadi mau dijemput…”

 

Sampe di rumah,

Ibu nanya “Gimana testnya??”

Aku cuma jawab “Yaaaa gitulah”

Sandy juga nanyain….

Males juga nyeritainnya… apalagi nyeritain tentang kebodohanku… sumpah malu….

 

Ga disangka2…..

Aku ditelpon lagi sama BNI Sidoarjo….

Panggilan tes BNI yang kedua tanggal 5 & 6 Januari…

Tesnya itu terdiri dari psikotest 1, psikotest 2, dan interview di Fakultas Psikologi Unair.

Sistemnya sistem gugur…

Hari pertama kita tesnya pagi…

Cuma sebentar… abis gitu nunggu pengumumannya yang lamaaaaa….. sampe jam 11.

Psikotest 1 lolos….

Psikotes 2 lolos…

Lanjut interview…

Beberapa hari kemudian ditelpon lagi….

Aku lolos dan ada interview lanjutan di Graha Pangeran tanggal 13 Januari…

Namanya Interview User…

Hampir sama kayak interview yang awal sih…

Tapi interviewernya ada 2 orang…

Dan untungnya….. aku ga kena Pak herry…

Itu tuhhhhh… bapak2 rese yg nginterview aku di sidoarjo….

 

Interview user sukses lagi!!

Nunggu pengumumannya lama banget nih….

Satu minggu lebih…

Tiap hari telpon2an sama temen2, kali2 aja udah ada yang ditelpon… ternyata emang belom ada yang ditelpon… masa iya kita ga lolos semua????

 

Yang lolos ke tes kesehatan lumayan banyak…

Ada 100 orang mungkin…

Cukup melelahkan juga ini tes…

Apalagi ada mainan jarum2an segala…

Aku tuh paling takut disuntik….

Terakhir disuntik kalo ga salah pas SD…

Sakitnya itu sampe ke tulang…

Setelah itu aku ga mau lagi sama yang namanya disuntik…

Donor darah pun aku ga pernah…. padahal pengen… seandainya aja bisa donor darah tanpa pake jarum, ambil ambilen wes ini darah sebanyak-banyaknya…

 

Tesnya lumayan lebih sedikit daripada tes kesehatannya bank mandiri…

Test fisik, gigi, darah 2x, urine 2x, jantung, rontgen, mata (ga pake THT dan USG).

Oh iya,, aku sempet dikagetkan dengan salah satu peserta yang aku sempet ngefans juga sama dia…

Cewek lho…. Aku yang cewek aja terpesona sama mbak ini.. apalagi cowo2…

Mbaknya itu cantik, tinggi, putih, badannya proporsional… pokoknya keren banget deh….

Rambutnya juga bagus…. Perfect banget deh jadi cewe…

Tapi…..

Pas tes kesehatan, aku ngeliat mbak ini udah terkulai lemas di kursi roda dengan muka beset2…

Mbaknya abis kecelakaan kemaren…. :(

Kasian banget….

Kakinya patah, tangannya luka2… dan yang kasian banget tuh muka cantik dan mulusnya itu juga penuh dengan luka2…. kasiaaaannn….

Ga cantik lagi deh mbaknya….

 

Pengumuman tes kesehatan ini juga lamaaaaaaa banget….

Jadi hari2ku di penuhi dengan ketegangan….

Nunggu pengumuman BNI… tapi nunggu pengumuman bank mandiri juga….

HP selalu dibawa kemana2…

Sampai pada akhirnya, Vita temen seperjuanganku BBM aku…

“tita… aku udah ditelpon BNI.. Alhamdulillah aku lolos”

1 jam nungguin telpon tapi ga juga bunyi2 ini hp…

Mau mandi, nunggu telpon….

Mau pup, nunggu telpon dulu…

Ga lucu donk ya nanti kalo di telpon aku njawabnya sambil ngeden2…

“halo… eeeeekkkk….. iya mbak…. eeeekkkk…. makasih mbak… eeeekk….”

 

2 jam berlalu, ga kunjung ada telpon juga….

Akhirnya aku memutuskan untuk mandi…

Sambil bawa hp, tarok di kantong celana yg digantung….

Ternyata beneran ya mbak ini ngerjain aku….

Bisa2nya pas posisi lagi keramas, hpnya bunyi….

Langsung lap lap kuping pake anduk….. bodo amat shamponya masih ndelewer2 ke mata… yang penting tangan sama kuping udah bersih….

Pengennya di loudspeaker, tapi suaranya nanti malah nggema…

Untung aja ini telpon dari BNI beneran, kalo bukan, udah aku banting2 itu hp…

 

Alhamdulillah banget aku bisa lolos serangkaian tes yang berat ini….

Udah pasrah sih sebenernya….

Tapi rejeki itu ga kemana….

 

Tanggal 4 Februari semua peserta ngumpulin berkas-berkas di Graha Pangeran….

Aku dan temen2ku yang juga lagi nungguin pengumuman Bank mandiri sempet rundingan sebentar….

Setelah rundingan dan minta masukan dari temen2 yang laen, kita memutuskan untuk lanjut di BNI.

Kalo emang nanti Mandirinya keterima, ya kita ikhlas buat ngelepas.

Kita juga udah dapet banyak info dari mereka2 yang punya sodara kerja di mandiri dan yang sodaranya kerja di BNI…. perbandingannya cukup keliatan lah….

Kita ber4 sepakat milih BNI!

 

Semoga pilihanku ini tepat…

Dan aku siap mengabdi di BNI!

 

BNI 46

Melayani negri kebanggaan bangsa! :)

Tinggalkan Balasan

go…..go….go…..

September 2011
S S R K J S M
« Sep   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

happy reading…….. =)

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

